DARI SEBUAH AWAL....


Pernahkah terlintas dibenak kita: dari titik yang manakah kita mulai, sehingga sampai pada 'perjalanan ini'?
Saudaraku,
ketika hidup membawa kita pada puncak-puncak pengalaman, yang mungkin sedang kita lalui, tentunya ada sebuah awal. Yaitu, dari sebuah titik, yang menjadi penentu: ke mana kita kan melangkah? Teramat banyak hal yang telah berlalu, akan tetapi titik terbesar dari semua yang telah kita lalui ini pastilah ada. Hanya saja mungkin tak terlalu terpikirkan oleh kesibukan pikiran kita.
Pilihan hidup. Apapun yang anda raih hari ini, entah sebuah kesuksesan ataupun kegagalan hidup anda hari ini bermula dari : pilihan anda. Tentu saja hal ini jelas terkait juga dengan takdir anda. Namun tetap: anda sendirilah yang memilihnya, bukan saya atau orang lain yang memaksa anda untuk memilihnya.
Ada baiknya sedikit kita luangkan waktu, dari seluruh kesibukan kita selama ini: untuk merenungi kembali sudah sesuaikah pilihan hidup kita ini? Tanyakan pada diri anda, bukan diri keseharian anda, yang mungkin sudah terlalu egois dengan kesenangan yang selama ini dinikmatinya, ataupun dengan kesengsaraan yang menimpanya. Tetapi kepada diri anda yang hakiki: jiwa yang tersembunyi di hati anda. Apakah ia masih berada di sana? Ataukah telah lama hilang? Hanya anda yang tahu.
Hidup pada hari ini adalah sebuah pergulatan besar. Teramat banyak 'kemenangan semu' yang telah membunuhi jiwa hakiki yang tersembunyi di dalam hati. Hidup pada hari ini hanyalah keserakahan dan kesombongan. Yang mana aku sangat mengkhawatirkan keadaanmu. Jangan-jangan engkau adalah salah satu dari jutaan korbannya.
Aku bukanlah guru yang bijaksana. Tetapi, aku hanyalah seorang teman, yang peduli dengan keadaanmu.
0 Responses

silakan disruduq